Pengertian Internet dan Intranet Sebagai Media Informasi

Pengertian Internet - Tentunya banyak pertanyaan yang terlontar dibenak kita mengenai apa yang dimaksud dengan internet? Sebagian orang lebih mengenal internet adalah pencarian google, Nah untuk itulah blog Dunia Transparant ingin berbagi informasi tentang pengertian internet dan intranet.

Sebenarnya google hanyalah salah satu dari sekian banyak mesin pencari didunia, Di Indonesia sendiri google memang menjadi no.1 mesin pencari yang paling banyak digunakan untuk mencari informasi melalui jaringan internet. Jumlah pengguna Internet yang semakin berkembang, telah mewujudkan budaya Internet, Internet saa ini telah berkembang pesat dan mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu serta pandangan dunia. Dibanding dengan buku yang berada di perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran ( decentralization ) atau pengetahuan ( knowledge ) informasi dan data secara ekstrem.

Kembali lagi ke topik pembahasan mengenai apakah Internet dan Intranet itu? Inilah pengertian internet & intranet menurut situs wikipedia.


Pengertian Internet dan Intranet

Pengertian Internet
Internet adalah kependekan dari interconnection-networking yang berarti seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite ( TCP/IP ) sebagai protokol pertukaran paket ( packet switching communication protocol ) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Intranet merupakan sebuah jaringan privat ( private network ) yang menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP), untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya. Kadang-kadang, istilah intranet hanya merujuk kepada layanan yang terlihat, yakni situs web internal perusahaan. Untuk membangun sebuah intranet, maka sebuah jaringan haruslah memiliki beberapa komponen yang membangun Internet, yakni protokol Internet (Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan.

Secara garis besar sebuah intranet dapat kita pahami sebagai sebuah jaringan internet pribadi yang dimiliki oleh sebuah kelompok atau organisasi.
Dari pengertian diatas dapat kita simpulkan bahwa internet dan intranet adalah sebuah komputer yang saling berhubungan sehingga membentuk jaringan dan menciptakan sebuah media informasi yang sangat berpengaruh didunia melalui sebuah situs web yang disediakan oleh mesin pencarian.

0 komentar:

beatbox lewat google translate

Assalamualaikum wr. wb.

Iseng-iseng mau men-translate bahasa Jerman, Eh malah nemu trik kaya gini Hahaha biggrin

Google keren gan, dia ternyata juga bisa Beatbox smile "Apa itu Beatbox ?"
BEATBOX merupakan salah satu bentuk seni yang mengfokuskan diri dalam menghasilkan bunyi-bunyi ritmis dan ketukan drum, instrumen musik, maupun tiruan dari bunyi-bunyian lainnya, khususnya suara turntable, melalui alat-alat ucap manusia seperti mulut, lidah, bibir, dan rongga-rongga ucap lainnya. Pemain beatbox atau lebih dikenal dengan beatboxer, mampu mendemonstrasikan segala bentuk bunyi-bunyian dengan handal. Beatbox selalu dikaitkan dengan vokal perkusi maupun dengan multivokalisme. Meskipun pada dasarnya sama, namun secara umum perbedaan Beat-box terletak pada keterkaitannya dengan budaya dan musik hiphop. Meski demikian pada prakteknya beatbox juga diterapkan untuk genre musik lainya seperti Rock, Pop, R&B, dan sebagainya.

Ada yang pernah lihat acara Hitam Putih ? Nah itu kan ada yang ngisi suara suara mirip drum dan lain2nya cuma menggunakan mulut dan dibantu dengan microphone. Itu dia yang dinamakan beatboxer atau orang yang bermain beatbox. Itu dia sedikit penjelasan tentang Beatbox.
"Ah, masa sih Google bisa kaya gitu?"
Nggak percaya? Oke, mari kita menuju ke TKP

Step-nya nih :
  1. Masuk ke Google Translate
  2. Pilih bahasanya ke bahasa Jerman/German
  3. Nah, masukkin nih tulisan ini bsch bsch bsch bsch pv zk pv pv zk pv zk kz zk pv pv pv zk pv zk zk pzk pzk pv zk pv pv zk k k k k k bs ch
    (Copas aja biar cepet)
  4. Lihat contoh pada screenshot ini beatbox.jpg,
    Klik gambar Sound (pojok kanan bawah). Lets to Listening boy! smile
Gimana ? Keren kan...smile

Buat yang jago Beatbox, atau yang ngerti aja deh gak usah jago2an smile. Kalian bisa berkreasi sendiri dengan memasukkan Pattern Beatbox kalian sendiri.

Wassalam
...

0 komentar:

About Me

Hi,... 

Nama Saya Al Farouq Lazuardo Ababiel. Biasa di panggil Ado dalam kehidupan sehari-hari... Kalau di dunia maya panggil saja Ado.
Saya adalah Pelajar salah satu SMA Negeri 2 Pekalongan. Dari dahulu, Saya sangat tertarik dengan dunia komputer. Tetapi, belakangan ini Saya tertarik dengan dunia Internet. Khusus nya Web Programing. 
Meskipun hanya sedikit memahami bahasa pemograman Web, tetapi sudah lumayan sedikit menguasai. Blog yang saya buat memiliki berbagai tujuan. Baik tujuan Pribadi maupun kelompok. Baik Tujuan amal maupun mencari keuntungan.
Blog ini Saya buat tepatnya satu tahun yang lalu (2011). Jujur saja saya masih begitu pemula, maka dari itu saya mohon kritik dan sarannya. Pada dasarnya Saya bukanlah orang yang gemar dan pandai menuliskan suatu artikel untuk orang lain.

0 komentar: